Main Article Content

Abstract

Puji dan syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan hidayahNya, Jurnal Jamu Indonesia Volume 5 No 2 tahun 2020 dapat diterbitkan. Jurnal Jamu Indonesia merupakan media untuk diseminasi hasil penelitian yang berkaitan dengan jamu di Indonesia. Jamu telah dikenal lama penduduk Indonesia sebagai salah satu pengobatan. Berbagai tanaman di Indonesia sangat berpotensi sebagai jamu. Penelitian tanaman obat dari bagian daun, batang, dan rimpang tanaman telah banyak dilakukan dan terus berkembang.

Terdapat 5 artikel yang termasuk dalam original artikel yang diterbitkan pada Volume 5 No. 2 Tahun 2020. Artikel pertama memberikan informasi bagaimana membuat sabun padat transparan dari kombinasi gliserin, sukrosa dan etanol 96% sebagai transparent agent yang memenuhi persyaratan uji mutu dan uji organoleptis. Artikel kedua memberikan informasi khasiat fraksi ekstrak etanol 70% buah oyong dalam menurunkan kadar kolesterol total, lipoprotein densitas rendah (LDL), dan trigliserida pada hamster hiperlipidemia. Artikel ketiga memberikan kelengkapan informasi monografi bawang bombay, menentukan karakteristik fisikokimia yang spesifik dan aktivitas antioksidan. Artikel keempat memberikan informasi pengaruh cekaman salinitas dan kekeringan terhadap biomassa 4 senyawa golongan triterpene pada pegagan. Sementara informasi terkait dengan enis-jenis tumbuhan mangrove yang bermanfaat sebagai obat di Desa Gedangan, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah merupakan isi yang ada pada artikel kelima.



Redaksi mengucapkan terima kasih kepada seluruh penulis atas partisipasinya dalam berbagi hasil penelitiannya melalui publikasi di Jurnal Jamu Indonesia. Redaksi juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh reviewer atas partisipasinya dalam meningkatkan kualitas tulisan naskah jurnal di edisi ini. Semua hasil karya tersebut akan diarsipkan sebagai dokumentasi berharga demi terjaganya informasi yang dapat menjadi sumber pengembangan ilmu pengetahuan di masa depan. Kontribusi publikasi peneliti-peneliti dan pejuang Jamu Indonesia terus kami harapkan untuk dapat disampaikan di dalam Jurnal Jamu Indonesia ini. Peningkatan kontribusi jumlah dan kualitas tulisan yang telah dan akan dimasukkan akan dapat membantu pengembangan jurnal ini, dan pada saatnya diharapkan juga dapat menjadikan Jurnal Jamu Indonesia menjadi referensi baik secara nasional, maupun internasional.


 


Juni 2020


Waras Nurcholis
Wakil Dewan Redaksi


 

Article Details

How to Cite
Nurcholis, W. (2020). Editorial. Jurnal Jamu Indonesia, 5(2). https://doi.org/10.29244/jji.v5i2.194