Main Article Content

Abstract

Puji dan syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan hidayahNya, Jurnal Jamu Indonesia Volume 6 No 1 tahun 2021 dapat diterbitkan. Jurnal Jamu Indonesia merupakan media untuk diseminasi hasil penelitian yang berkaitan dengan jamu di Indonesia. Jamu telah dikenal lama penduduk Indonesia sebagai salah satu pengobatan. Berbagai tanaman di Indonesia sangat berpotensi sebagai jamu. Penelitian tanaman obat dari bagian daun, batang, dan rimpang tanaman telah banyak dilakukan dan terus berkembang. 


Jurnal Jamu Indonesia pada Volume 6 No 1 Tahun 2021 terdiri atas 5 naskah yang termasuk ke dalam original artikel. Artikel pertama terkait aktivitas penghambatan polimerisasi hem dan skrining fitokimia dari fraksi etil asetat batang manuran (Coptosapelta tomentosa Valeton ex K. Heyne). Artikel ke-dua mengkaji tinjauan etnomedisin oleh peramu jamu Jawa di Yogyakarta pada jamu kunir asam. Artikel ke-tiga terkait dengan pengaruh ketinggian tempat terhadap produktivitas piperin dari buah cabe jawa dan lada hitam. Artikel ke-empat melakukan kajian tentang penapisan fitokimia dan aktivitas antioksidan terhadap hasil perasan lengkuas merah dan lengkuas putih. Preparasi gelatin sapi berbasis tulang femur untuk aplikasi cangkang kapsul obat herbal melalui hidrolisis asam dan karakterisasinya merupakan artikel ke-lima.


Redaksi mengucapkan terima kasih kepada seluruh penulis atas partisipasinya dalam berbagi hasil penelitiannya melalui publikasi di Jurnal Jamu Indonesia. Redaksi juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh reviewer atas partisipasinya dalam meningkatkan kualitas tulisan naskah jurnal di edisi ini. Semua hasil karya tersebut akan diarsipkan sebagai dokumentasi berharga demi terjaganya informasi yang dapat menjadi sumber pengembangan ilmu pengetahuan di masa depan. Kontribusi publikasi peneliti-peneliti dan pejuang Jamu Indonesia terus kami harapkan untuk dapat disampaikan di dalam Jurnal Jamu Indonesia ini. Peningkatan kontribusi jumlah dan kualitas tulisan yang telah dan akan dimasukkan akan dapat membantu pengembangan jurnal ini, dan pada saatnya diharapkan juga dapat menjadikan Jurnal Jamu Indonesia menjadi referensi baik secara nasional, maupun internasional.

Maret 2021
Waras Nurcholis
Wakil Ketua Dewan Redaksi

Article Details

How to Cite
Waras Nurcholis. (2021). Editorial. Jurnal Jamu Indonesia, 6(1). Retrieved from http://jamu.journal.ipb.ac.id/index.php/JJI/article/view/236