Main Article Content

Abstract

Puji dan syukur kami ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan terbitnya Jurnal Jamu Indonesia Volume 2 No 2 oleh Pusat Studi Biofarmaka Tropika LPPM IPB sebagai media diseminasi penelitian terkait jamu di Indonesia. Jurnal ini diharapkan dapat menambah informasi dan menjadi rujukan tentang jamu mulai dari kegiatan hulu hingga hilir.


Temulawak merupakan salah satu tumbuhan obat dari famili Zingiberaceae yang bersama dengan jahe merupakan tumbuhan obat yang paling banyak digunakan dalam jamu. Hampir sebagian besar formula jamu yang ada saat ini umumnya mengandung temulawak sebagai salah satu isi dalam formula jamu. Temulawak termasuk ke dalam tumbuhan obat asli Indonesia yang memiliki beragam manfaat dan khasiat bagi kesehatan. Dalam Jurnal Jamu Indonesia edisi Volume 2 No 2 ini berisi tentang penelitian yang sebagian besar menggunakan temulawak sebagai sampelnya dengan topik mengenai in vitro propagasi temulawak, metode ekstraksi dan pemisahan optimum untuk isolasi xantorizol dari temulawak, pengaruh  pola tanam tumpang sari terhadap produktivitas rimpang temulawak, penapisan virtual senyawa–senyawa dalam famili zingiberaeae sebagai antiinflamasi menggunakan protokol EE_COX2_V.1.0, serta analisis kebutuhan pendampingan dan kompetensi pendamping pelaku usaha industri jamu.


Jurnal Jamu Indonesia dapat menjadi fasilitas bagi para peneliti dan ilmuwan untuk memudahkan pendistribusian informasi ilmu pengetahuan mengenai jamu melalui tulisan-tulisan yang dapat dipublikasi. Semua hasil karya tersebut akan diarsipkan sebagai dokumentasi berharga demi terjaganya informasi yang dapat menjadi sumber pengembangan ilmu pengetahuan di masa depan.


 


Mohamad Rafi


Ketua Dewan Redaksi

Article Details

How to Cite
Rafi, M. (2017). Editorialboard dan Kelengkapan Jurnal. Jurnal Jamu Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.29244/jji.v2i2.35