##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Irma Herawati Suparto

Abstract

Puji dan syukur kami ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa berkat rahmat dan hidayahNya, Jurnal Jamu Indonesia Volume 2 No 3 dapat diterbitkan. Redaksi mengucapkan terima kasih kepada seluruh penulis atas partisipasinya dalam berbagi hasil penelitiannya melalui publikasi di Jurnal Jamu Indonesia. Jurnal ini merupakan media untuk diseminasi hasil penelitian yang berkaitan dengan jamu di Indonesia.


Naskah dalam edisi ini membahas berbagai tumbuhan obat tradisional atau jamu yang dikembangkan dan dibuktikan untuk kesehatan dengan kegiatan dari hulu hingga hilir. Eksplorasi khasiat kuersetin sebagai kardioprotektif diujikan pada tikus yang dinefrektomi, khasiat kombinasi ekstrak etanol dari daun kunyit, daun jambu dan meniran dibuktikan aktivitasnya secara in vitro maupun in vivo, juga uji pada tikus yang mengonsumsi ekstrak secang (Caesalpinia sappan L.) diamati responnya sebagai diuretika. Selain uji pada hewan laboratorium, dilakukan pula uji pada manusia untuk mengevaluasi pengaruh pemberian minuman teh celup daun gaharu (Aquilaria malaccensis L) terhadap gangguan tidur dan kebugaran. Pembuktian Jamu dari segi manfaat kesehatan penting, akan tetapi evaluasi terhadap nilainya di pasar tak kalah penting. Hal ini untuk mengetahui peningkatan nilai ekonomi produk jamu yang disampaikan pada Analisis Nilai Tambah dan Sistem Pemasaran Lidah Buaya di Kabupaten Bogor.


Kontribusi publikasi peneliti-peneliti dan pejuang Jamu Indonesia terus kami harapkan untuk dapat disampaikan di dalam Jurnal Jamu Indonesia ini. Semoga jurnal ini senantiasa dapat menjadi fasilitas bagi para peneliti dan ilmuwan untuk memudahkan pendistribusian informasi ilmu pengetahuan mengenai jamu melalui tulisan-tulisan yang dapat dipublikasi. Semua hasil karya tersebut akan diarsipkan sebagai dokumentasi berharga demi terjaganya informasi yang dapat menjadi sumber pengembangan ilmu pengetahuan di masa depan.


 


Irma Herawati Suparto


Dewan Redaksi

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Keywords
References
Citation Format
Section
Editorial