##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Mohamad Rafi

Abstract

Puji dan syukur kami ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa berkat rahmat dan hidayahNya, Jurnal Jamu Indonesia Volume 3 No 1 dapat diterbitkan. Redaksi mengucapkan terima kasih kepada seluruh penulis atas partisipasinya dalam berbagi hasil penelitiannya melalui publikasi di Jurnal Jamu Indonesia. Jurnal ini merupakan media untuk diseminasi hasil penelitian yang berkaitan dengan jamu di Indonesia.


Naskah dalam edisi ini membahas berbagai tumbuhan obat tradisional untuk pengujian terhadap suatu aktivitas. Ekstrak metanol Rhizopora apiculata sebagai biosensor penghambatan aktivitas tirosinase menggunakan elektrode pasta karbon termodifikasi ferosena dan zeolit, aktivitas yoghurt kacang komak (Lablab Purpureus (L.) Sweet) sebagai antihiperglikemia, dan aktivitas formulasi biji jarak pagar dan pare terhadap spermatogenesis pada tikus wistar. Selain itu, peningkatan kandungan kurkumin pada tumbuhan temulawak juga diamati serta formulasi jamu baru yang memiliki efek hipoglikemik, menentukan toksisitas, dan profil kimia jamu dengan metode statistika dan machine learning.


Kontribusi publikasi peneliti-peneliti dan pejuang Jamu Indonesia terus kami harapkan untuk dapat disampaikan di dalam Jurnal Jamu Indonesia ini. Semoga jurnal ini senantiasa dapat menjadi fasilitas bagi para peneliti dan ilmuwan untuk memudahkan pendistribusian informasi ilmu pengetahuan mengenai jamu melalui tulisan-tulisan yang dapat dipublikasi. Semua hasil karya tersebut akan diarsipkan sebagai dokumentasi berharga demi terjaganya informasi yang dapat menjadi sumber pengembangan ilmu pengetahuan di masa depan.


 


Mohamad Rafi


Ketua Dewan Redaksi

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Keywords
References
Citation Format
Section
Editorial